XAMTHONE PLUS BANDUNG DAN JAWA BARAT


BANDUNG : AKHMAD YANI HP: 087822067787; Jl. Situ Lengkong No:15 Kel:Cijagra Rt:03 Rw:03 Kec:Lengkong Buah Batu, Bandung
BANDUNG : ASEP SAEFUDIN HP: 081572023453 TLP: 022-4211874; JL. JAWA NO:40 BANDUNG
INDRAMAYU : CONNI RAHARJA HP: 081802333678 TLP: (0234)271202 . Jl. Jendral A Yani No:105/D Indramayu
KOTA BANJAR PATROMAN : Asifudin Muhsin HP: 08567664321 Jl. Astana Rt/Rw: 04/03 Sukahurip Langensari Banjar JABAR

Minggu, 19 September 2010

KURMA BASAH DAN KURMA KERING

Bin Muhsin Powder Datse LollenSerbuk pucuk bunga kurma dipercaya manjur bisa mengatasi:* Kemandulan bagi suami istri* Menambah hormon laki-laki dan menambah jumlah serta mengentalkan sperma laki-laki* Menambah keharmonisan pasutri* Menambah stamina* Menambah kemampuan seksual* Mempermudah kehamilan secara ajaib Dapat dibeli secara online di www.binmuhsingroup.com Situs resmi www.binmuhsinpowderdatselollen.blogspot.com UNTUK KOLSUNTASI DAN PEMESANAN SILAHKAN HUBUNGI :HP: 085227044550 Tlp: 021-91913103 SMS ONLY: 081213143797@MyYM @MyFacebook @MyTwitter @MyYuwie @MyFriendsterbinmuhsin_group@yahoo.co.id

Artikel ini ditulis ulang dari buku Sembuhkan Penyakitmu dengan Al-Qur`an karangan Muhammad Mahmud Abdullah terbitan Beranda 2010.

KURMA BASAH DAN KURMA KERING

Allah SWT berfirman dalam Al-Qur’an

Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum, dan bersenang batilah kamu.

Diriwayatkan dalam kita Shahihain dari Abdullah bin Ja’far. “Aku melihat Rasulullah SAW makan mentimun dengan makanan basah (kurma).”

Diriwayatkan dalam Sunah Abu Daud dari Anas bahwa beliau berkata :

Konon Rasulullah SAW berbuka puasa dengan makanan basah sbelum melakukan shalat. Apabila tidak ada buah kurma, maka beliau meneguk beberapa air putih.”

Kurma termasuk makanan rakya yang ekonomis. Keunggulan kurma adalah bisa disimpan dan keringkan, di samping itu harganya juga relative murah. Karena itu kurma merupakan makanan yang dapat dikonsumsi sepanjang tahun.

Kurma mengandung kadar gula sebanyak 70%, protein 20%, dan minyak 3%. Kurma kaya akan garam alkali seperti kalsium, potasium, dan juga kaya kandungan zat besi. Dia juga mengandung vitamin B dan C yang tidak membahayakan.

Kasiat Gizi Buah Kurma

Seseorang mampu bertahan hidup dalam waktu yang relatif lama hanya dengan memakan kurma, hal itu Karen akurma kaya akan kandungan gula. Kurma mudah hancur dan diserap oleh tubuh, meskipun kurma hanya sedikit mengandung minyak dan protein. Seseorang akan menjadi kurus jika hanya mengkonsumsi kurma. Akan tetapi jika kurma dikonsumsi bersama dengan susu, maka dua bahan makanan itu merupakan makanan yang sempurna ditinjau dari segala aspek. Karena susu mengandung protein dan minyak yang cukup.

Orang-orang Badui kebanyakan hidup dengan mengkonsumsi kurma kering dan susu kambing, sehingga kesehatan mereka sangat mengagumkan. Mereka jarang terkena penyakit yang menjijikkan dan kronis. Kita juga jarang menyaksikan mereka kegemukan.

Kurma basah kaya akan kandungan kalsium dan zat besi. Karena itulah dalam Al-Qur’an Allah SWT menyiapkan kurma bagi wanita-wanita yang sedang nifas, Dia memerintahkan Maryam agar mengkonsumsi kurma basah ketika sedang nifas. Kadar kalium dan zat besi yang dikandungnya cukup dan bagus untuk membentuk ASI. Juga bias mengganti cairan yang hilang karena persalinan dan menyusui.

Zat besi dan kalsium merupakan dua unsur penting di dalam perkembangan anak dalam usia penyusuan. Itu karena kedua unsur tersebut dianggap sebagai unsur terpenting pembentuk darah dan sumsum tulang.

Kurma sebagai Makanan Berbuka Puasa yang Lembut

Rasulullah SAW berbuka puasa dengan memakan beberapa biji kurma basah sebelum mendirikan shalat. Terdapat pelajaran berharga ketika rasulullah SAW berbuka dengan kurma basah maupun kering. Puasa mengosongkan perut dari makanan, oleh karena itu liver tidak mendapatkan bahan yang diserap dan diedarkan ke seluruh anggota badan, kemudian karena gula adalah makanan yang paling cepat diserap dan bagus untuk liver-apalagi makanan itu berair (basah) sehingga lebih cepat terserap – maka makanan itu akan cepat diproses dan kekuatan yang dihasilkannya akan diedarkan ke seluruh anggota badan dan otak.

Ilmu kedokteran mengatakan bahwa gula dan air adalah dua hal yang paling dibutuhkan oleh badan orang yang berpuasa setelah seharian berpuasa. Karena itu kekurangan gula dalam tubuh bias mengakibatkan pertumbuhan yang tidak normal dan penyakit saraf, sedangkan kekurangan air dalam tubuh bias mengakibatkan mudah lelah dan lemah. Sebaliknya, orang yang ketika berbuka langsung mengisi perutnya dengan makan dan minum akan membutuhkan waktu tiga jam atau bahkan lebih agar ususnya bisa menyerap gula, sehingga di seperti halnya orang yang berpuasa terus-terusan. Hal itu sebagaimana perkataan seorang penyair :

Laksanan orang yang mati kehausan di padang pasir.

Sedangkan di atas punggungnya tersunggi air.

Khasiat Medis Kurma

1. Pelbagai referensi medis kuno mengatakan bahwa mengkonsumsi kurma kering ataupun kurma yang dipres berkhasiat untuk membunuh cacing. Dikatakan bahwa kurma berkhasiat untuk membasmi cacing dalam perut.

Kurma yang dipres adalah satu hidangan surge, ia mengandung penawar racun. (al-Hadis)

2. Orang-orang Mesir kuno menggunakan kurma basah untuk mengobati sakit kandung kemih, lambung, dan usus.

3. Kurma basah sangat berguna untuk menguatkan otot-otot usus yang berguna untuk memudahkanproses buang air besar. Hal itu karena kandungan seratnya mampu merangsang kinerja usus.

4. Memperkuat rahim khususnya ketika proses persalinan. Pelbagi penelitian modern menyimpulkan bahwa kurma berpengaruh untuk merangsang gerak rahim dan memperpanjang waktu kontraksi. Dalam al-Qur’an Allah SWT juga memerintahkan kepada Maryam untuk mengkonsumsi kurma dank arena itu kontraksi rahim bertambah kuat, sehingga ia dapat melahirkan anaknya dengan mudah.

Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum, dan bersenang hatilah kamu. (QS. Maryam [19] : 25-26).

Banyak penelitian kedokteran mutakhir yang berhasil menyingkap khasiat kurma, yang hamper menyamai khasiat obat-obat pelancar proses persalinan, yang menjaga keselamatan ibu dan janin secara bersamaan. Kontraksi rahim secara langsung dapat mencegah pendarahan yang terjadi setelah melahirkan serta mengembalikan rahi ke bentuk dan posisi alaminya seperti sebelum kehamilan. Tentang hal ini, Amr bin Maimun berkata, “Tidak ada yang lebih baik bagi wanita pasca melahirkan selain mengkonsumsi kurma kering dan kurma basah.”

5. Kurma kering berkhasiat untuk merenggangkan sel saraf dengan merangsang kelenjar gondok. Karena itu, para dokter menganjurkan untuk memberikan beberapa biji kurma kepada anak kecil dan orang dewasa setiap pagi.

6. Rebusan kurma berkhasiat untuk melancarkan buang air kecil dan juga sebagai obat pencahar.

7. Kurma kaya akan garam alkali lambung, seperti kalsium dan potassium. Zat tersebut sangat baik untuk dikonsumsi sebagai penyeimbang asam lambung. Karena itu setelah diproses dan dicerna kurma mampu menggantikan serbuk alkali. Kurma bisa menjadi penyeimbang asam yang muncul karena mengkonsumsi protein, seperti ikan dan telur.

8. Kurma kaya akan kandungan vitamin A. karena itu kurma baik untuk menjaga kelembaban dan kilauan mata, mempertajam penglihatan, serta merenggangkan otot-otot mata.

Jenis kurma terbaik dan seringkali dikonsumsi adalah kurma kering atau yang lebih dikenal dengan kurma Ibrimi. Kurma ini menjadi makanan alternatif yang ekonomis serta bisa dijangkau oleh pelbagai golongan. Beberapa keistimewaan kurma Ibrimi adalah tidak cepat kadaluarsa, bisa disimpan sampai panen berikutnya, serta bisa dijadikan makanan pengganti ketika tidak mendapatkan buah segar.

Proses Pengeringan Kurma

1. Bahan yang digunakan adalah kurma setengah kering, kemudain dijemur di bawah sinar matahari selama 1 minggu sampai 10 hari, dan dibolak-balik setiap dua hari.

2. Selanjutnya kurma ditumpuk dalam beberapa tumpukan selama satu hari sehingga kelembabannya merata, kemudian dipisahkan dan dikemas dalam kantong atau keranjang.

Berikut adalah bagan kandungan gizi dari setiap 100 gram kurma kering.

Komponen

Kadar dalam gram

Komponen

Kadar dalam gram

Air

Minyak

Serat

Vitamin B

Asam Nikotinik

Fosfor

20 gram

0,2 gram

2,4 gram

0,07 mg

2,2 mg

72 mg

Protein

Karbohidrat

Vitamin A

Vitamin B

Kalsium

Zat Besi

2,2 gram

75 gram

60 satuan kalori

0,05 mg

65 mg

2,1 mg

Setiap 100 gram kurma kering menghasilkan 284 kilo satuan kalori.


Bin Muhsin Powder Datse LollenSerbuk pucuk bunga kurma dipercaya manjur bisa mengatasi:* Kemandulan bagi suami istri* Menambah hormon laki-laki dan menambah jumlah serta mengentalkan sperma laki-laki* Menambah keharmonisan pasutri* Menambah stamina* Menambah kemampuan seksual* Mempermudah kehamilan secara ajaib Dapat dibeli secara online di www.binmuhsingroup.com Situs resmi www.binmuhsinpowderdatselollen.blogspot.com UNTUK KOLSUNTASI DAN PEMESANAN SILAHKAN HUBUNGI :HP: 085227044550 Tlp: 021-91913103 SMS ONLY: 081213143797@MyYM @MyFacebook @MyTwitter @MyYuwie @MyFriendsterbinmuhsin_group@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar