XAMTHONE PLUS BANDUNG DAN JAWA BARAT


BANDUNG : AKHMAD YANI HP: 087822067787; Jl. Situ Lengkong No:15 Kel:Cijagra Rt:03 Rw:03 Kec:Lengkong Buah Batu, Bandung
BANDUNG : ASEP SAEFUDIN HP: 081572023453 TLP: 022-4211874; JL. JAWA NO:40 BANDUNG
INDRAMAYU : CONNI RAHARJA HP: 081802333678 TLP: (0234)271202 . Jl. Jendral A Yani No:105/D Indramayu
KOTA BANJAR PATROMAN : Asifudin Muhsin HP: 08567664321 Jl. Astana Rt/Rw: 04/03 Sukahurip Langensari Banjar JABAR

Minggu, 26 September 2010

A - Z KURMA DAN BIN MUHSIN POWDER DATSE LOLLEN

Bin Muhsin Powder Datse LollenSerbuk pucuk bunga kurma dipercaya manjur bisa mengatasi:* Kemandulan bagi suami istri* Menambah hormon laki-laki dan menambah jumlah serta mengentalkan sperma laki-laki* Menambah keharmonisan pasutri* Menambah stamina* Menambah kemampuan seksual* Mempermudah kehamilan secara ajaib Dapat dibeli secara online di www.binmuhsingroup.com Situs resmi www.binmuhsinpowderdatselollen.blogspot.com UNTUK KOLSUNTASI DAN PEMESANAN SILAHKAN HUBUNGI :HP: 085227044550 Tlp: 021-91913103 SMS ONLY: 081213143797@MyYM @MyFacebook @MyTwitter @MyYuwie @MyFriendsterbinmuhsin_group@yahoo.co.id
===

KHASIAT KURMA

Artikel ini ditulis kembali dari buku Mukjizat Resep Obat Rasulullah karangan Ben Fathoni terbitan Intelectual Hlm. 48-53.

Kurma telah diabadikan oleh Allah dalam Al-Qur’an di banyak tempat. Di antaranya adalah sebagaimana berikut ini.

a) Allah SWT. Berfirman, “Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum dan bersenang hatilah kamu. Jika kamu melihat seorang manusia, maka katakanlah, ‘Sesungguhnya aku telah bernazar berpuasa untuk Rabb yang Maha Pemurah, maka akut tidak akan berbicara dengan seorang manusia pun pada hari ini.” (Q.S. Maryam : 25 – 26 )

b) Dalam ayat lain Allah SWT. Berfirman, “Apakah ada salah seorang diantaramu yang ingin mempunyai kebun kurma dan anggur yang mengalir di bawahnya sungai-sungai; dia mempunyai dalam kebun itu segala macam buah-buahan, kemudian datanglah masa tua pada orang itu sedang dida mempunyai keturunan yang masih kecil-kecil. Maka kebun itu ditiup angin keras yang mengandung api, lalu terbakarlah. Demikianlah Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepada kamu supaya kamu memikirkannya.” (Q. S. Al-Baqarah:266).

c) Selain itu Allah juga berfirman, “Lalu dengan air itu, Kami tumbuhkan untuk kamu kebun-kebun kurma dan anggur; di dalam kebun-kebun itu kamu peroleh buah-buahan yang banyak dan sebahagian dari buah-buahan itu kamu makan.” (Q.S. Al –Mu’minun:19)

d) Allah juga berfirman, “Dan Kami jadikan padanya kebun-kebun kurma dan anggur dan Kami pancarkan padanya beberapa mata air.” (Q.S.asin:34)

e) Dalam ayat yang lain dinyatakan, “Di dalam kaduanya (ada macam-macam) buah-buahan dan kurma serta delima.” (Q.S. ar-Rahman:68)

f) Allah juga berfirman, “Lalu Kami tumbuhkan biji-bijian di bumi itu, anggur dan sayur-sayuran, zaitun dan kurma, kebun-kebun (yang) hebat, dan buah-buahan serta rumput-rumputan.” (Q.S.’Abasa:27-31)

Sedangkan hadis-hadis Nabi SAW, yang berbicara tentang kurma di antaranya adalah sebagai berikut.

a) Nabi SAW. Bersabda, “Tidak ada kelaparan bagi keluarga yang memiliki kurma.” (H.R. Muslim)

b) Diriwayatkan dari Sa’d bin abi Waqqash, bahwa Rasulullah SAW. Bersabda, “Barang siapa yang sarapan pagi dengan tujuh buah kurma Ajwa (kurma special), maka pada hari tersebut orang itu tidak akan terkena racun dan juga sihir.” (H.R. Abu Daud dan Bukhari)

c) Abdullah bi Ja’far bi Abi Thalib berkata, “Aku pernah melihat Nabi SAW. Maka kurma matang dengan mentimun.’ (H. R. Bukhari)

d) Adiy bin Hatim berkata, “Saya mendengar Rasulullah SAW. Bersabda, ‘Jauhilah ai neraka meskipun (hanya dengan memberi sedekah) sebutir buah kurma.”

Kurma dianggap sebagai buah yang mengandung banyak gizi. Bahkan sebagian orang memakannya sebagai “roti gurun.” Buah ini mengandung lebih dari 2/3 unsur gula alami. Kurma mengandung kadar karbohidrat yang tinggi, gula (mencapai 88%), lemak (2,5-5%), protein (2,3-5,6%), Vitamin dan serat (6,4 – 11,5%). Seperti halnya buah, biji kurma juga memiliki komposisi kandungan lemak (0,2-5%). Kulit krma memiliki kandungan lemak (7,7-9%) dan timbangan satu kurma (96,6-14,2%).

Selain itu kurma juga mengandung Vitamin A, B1 dan B2 serta fluorin yang merupakan zat penguat gigi yang rapuh. Kurma juga mengandung sejumlah mineral seperti boron, kalsium, kolat, tembaga, fluorin, besi, magnesium, potassium, sodium, dan seng. Kurma juga mengandung selenium yang berguna mencegah kanker.

Manfaat Kurma

Berikut adalah beberapa manfaat bagi orang yang mengkonsumsi kurma.

a) Mempermudah dan memperlancar persalinan

Kurma memberikan pengaruh kepada urat-urat rahim, menjadi aktif dan bergerak secara teratur, sehingga proses persalinan menjadi lancar. Hal itu disebabkan adanya kandungan gula alami dalam kurma yang dibutuhkan oleh otot rahim, baik ketika persalinan maupuk ketika datang bulan. Baig orang yang hamil, materi kurma yang dapat mempermudah dan memperlancara persalinan sangat diperlukan untuk membersihkan kolon dan usu. Penelitian terbaru menyatakan bahwa buah kurma basah (ruthab) mempunyai pengaruh mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa systolenya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh nadi).

Hal ini senada dengan apa yang telah diutarakan oleh dr. Muhammad an-Nasimi dalam bukumnya Ath-Thibb an-Nabawy wa al-Ilm al-Hadits, “Secara medis, hikmah dari Q. S. Maryam: 25-26 adalah bahwa perempuan hamil yang akan melahirkan sangat membutuhkan minuman dan makanan yang kaya akan unsur gula. Hal ini disebabkan karena banyaknya kontraksi otot-otot rahim ketika akan mengeluarkan bayi, terlebih lagi jika waktu yang dibutuhkan lama. Kandungan gula dan vitamin B1 sangant membantu untuk mengontrol laju gerak rahim dan menambah masa sistolenya (kontraksi jantung ketika darah dipompa ke pembuluh naid). Dan kedua unsur itu banyak terkandung dalam ruthab (kurma basah). Kandungan gula dalam ruthab sangat mudah untuk dicerna dengan cepat oleh tubuh.” Karena dalam kurma segar terkandung hormone yang menyerupai hormone oxytocine, maka kurma sangat membantu berjalannya proses persalinan.

b) Menambah nafsu makan dan kekebalan tubuh

Kurma mengandung gula alami yang merupakan unsur yang mudah diserap dan dicerna. Oleh karena itu, kurma menjadi enak dan aman untuk lambung dan usus anak kecil. Kurma juga bisa dibuat jus dan dicampur dengan susu untuk diminum agar menambah nafsu minum anak kecil dan juga orang dewasa. Menurut para ahli kesehatan, memberi makan anak kecil atau bayi berupa air dan gula bermanfaat untuk kekebalan tubuh melawan penyakit.

c) Mengobati sakit perut

Kurma yang dicampur dengan madu sehingga berbentuk seperti pasta dapat digunakan sebagai obat mencret dan disentri pada anak-anak, dengan dosis tiga kali sehari. Selain itu, kurma juga mampu mengobati semua penyakit perut dan membantu usus untuk mengalirkan semua yang masuk ke tubuh serta membiarkan bakteri yang bermanfaat untuk usus. Oleh karena itulah, kurma pun dengan baik dapat mengobati sembelit, mengurangi penyumbat-penyumbat usus dan mengefektifkan kinerja usu dengan kandungan seratnya. Caranya, biji kurma dibuang pada malam hari dan esok paginya baru di telan layaknya minum obat pencahar (pencuci perut).

d) Mengobati penyakit-penyakit seksual

Kurma dapat digunakan untuk mengobati lemah jantung dan juga untuk mengobati lemah syahwat. Jika kurma dicampur dengan susu dan madu, maka jadilah minuman energy untuk mengobati penyakit seksual bagi laki-laki maupun perempuan. Dengan mengonsumsi minuman energy tersebut, maka tubuh pun akan menjadi kuat sehingga libido pun meningkat. Selain itu, dengan mengonsumsi minuman energy tersebut secara periodik, juga dapat memperbaiki kekuatan seksual dan menetralisir tubuh dari racun yang lahir melalui akumulasi sisa-sisa makanan selama beberapa tahun.

e) Mengatasi obesitas

Penyebab utama kegemukan adalah persaan selalu lapar dan keinginan untuk terus menerus makan, sehingga jumlah lemak dan gula meningkat. Memakan biji kurma ketika merasa lapar, akan memunculkan rasa kenyang. Biji kurma yang dikonsumsi tersebut telah memenuhi kebutuhan gula, mengatur pergerakan usus, dan kemudian mengurangi rasa lapar yang besar. Dan pada akhirnya akan mengurangi juga jumlah makan yang kurang baik untuk tubuh.

f) Mengobati Hati dan Radang

Kurma dapat mengobati hati dan membersihkannya dari racun. Kurma adalah obat alami yang mampu menjaga dan membersihkan hati dari racun yang terakumulasi. Begitu juga ketika kurma ditelan, maka dia dapat menyembuhkan radang tenggorokan, pilek dan demam.

g) Penawar Racun

Untuk menawarkan racun, biji kurma dapat dijadikan pilihan yang tepat. Seperti kurma yang direndam kemudian airnya diminum dapat menawarkan racun di limpa.

h) Menyembuhkan penyakit anemia

Berdasarkan penelitian kimiawi dan fisiologi yang dilakukan oleh Dr. ahmad Abdul Ra’ouf Hisyam dan Dr. Ali Ahamd Syahhat, dilaporkan bahwa mengonsumsi ruthab (kurma basah) atau tamar (kurma matang kering) setiap kali mengawali buka puasa akan menambah kandungan zat gula dalam tubuh dengan persentase yang besar, sehingga dapat menghilangkan penyakit anemia (kurang darah) dan tubuh pun menjadi lebih bergairah.

i) Menyehatkan mata

Buah kurma mengandung vitamin A yang baik di mana ia dapat memelihara kelembaban dan kejelian mata, serta menenangkan sel-sel saraf.

Bin Muhsin Powder Datse LollenSerbuk pucuk bunga kurma dipercaya manjur bisa mengatasi:* Kemandulan bagi suami istri* Menambah hormon laki-laki dan menambah jumlah serta mengentalkan sperma laki-laki* Menambah keharmonisan pasutri* Menambah stamina* Menambah kemampuan seksual* Mempermudah kehamilan secara ajaib Dapat dibeli secara online di www.binmuhsingroup.com Situs resmi www.binmuhsinpowderdatselollen.blogspot.com UNTUK KOLSUNTASI DAN PEMESANAN SILAHKAN HUBUNGI :HP: 085227044550 Tlp: 021-91913103 SMS ONLY: 081213143797@MyYM @MyFacebook @MyTwitter @MyYuwie @MyFriendsterbinmuhsin_group@yahoo.co.id

KURMA ‘AJWAH ATAU KURMA ‘ALIYAH

Artikel ini ditulis ulang dari buku Terapi Herbal Pengobatan Cara Nabi Muhammad SAW karangan Prof. Dr. Abdul Basith Muhammad Sayyid terbitan Penebar Plus Hlm. 176-178.

Dari Abu Hurairah ra., ia berkata, ”Rasulullah SAW, bersabda, ‘Kurma ajwah itu dari surge, di dalamnya terdapat penawar rerhadap racun dan cendawan (kam’ah) adalah manni, sedangkan airnya adalah obat bagi mata’.” (HR. Imam At-Tirmidzi dalam Ath-Thib bab 22 no. 2066, Ad-Darimi dalam Riqaq bab 115, Ahmad 2: 356, 488, 490 dengan sanad yang shahih. Syaikh ahmad Syakir men-shahih-kannya. Iamam At-Trimidzi berkata, “Hadits ini hasan- gharib”.

Dari Buraidah, dari Nabi SAW., beliau bersabda, “Cendawan (kam’ah) itu obat mata, kurma ajwah itu buah-buahan surge, dan sesungguhnya habbatussaudah itu- Ibnu Buraidah menyebutnya syuniz – yang terdapat di dalam garam dan merupakan obat bagi segala penyakit, kecuali kematian. “(HR. Ahmad 5:346, 351 dalam haditsnya yang panjang dengan sanad hasan).

Dari Abu Hurairah ra, ia berkata, Sesungguhnya para sahabat Nabi berkata, ‘Cendawan itu adalah penyakit cacarnya bumi’.” Maka obat mata. Sementara kurma ajwah ( manis dan matang) adalah dari surge sebagai penawar racun.” (HR. Tirmidzi bab 22 no. 2068; Ibnu mengatakan hadits ini hasan).

Dari Aisyah ra. Ia berkata, “Bahwasanya Nabi SAW. Bersabda, ’Sesungguhnya dalam kurma aliyah terdapat obat atau terapi tiryaq) jika dimakan pada pagi hari’.” (HR. Ahmad jil. 6 hal. 152 dengan sanad hasan).

Dari Abi Sa’id dan Jabir, mereka berkata, “Rasulullah SAW. Bersabda, ‘ Cendawan itu adalah anugerah, airnya sebagai obat mata. Sementara kurma ajwah itu sebagian buah dari surge sebagai obat gila’.” (HR. Ibnu Majah no. 3453, Ahmad jil 3: 48 dengan sanad hasan).

Dari Abu Hurairah, ia berkata, “Rasulullah SAW berkomentar kepada para sahabat yang tengah berdebat tentang pohon yang tercerabut dari muka bumi, tidak memiliki tempat berpijak (di bumi). mereka berkata, ‘Kami mengira pohon itu adalah cendawan.’ Rasulullah SAW berkata, ‘Cendawan merupakan salah satu anugerah, airnya adalah obat mata. Kurma ajwah adalah salah satu nikmat surge, ia bisa menjadi penawar racun’.”(HRR Ahmad; Jil. 2 : 305, 421).

Dari syaqiq, ia berkata, “Sesungguhnya Allah tahu ada yang lebih baik bagi ibu yang baru melahirkan selain ruthab (kurma setengah matang), pasti ia akan memerintahkan Maryam untuk memakannya.” (HR Abd. Ibn Hamid dalam Dur Al-Mantsur Jil. 5 : 505).

Dari Amr Ibn Maimun, ia berkata “Tidak ada yang lebih baik bagi ibu yang baru melahirkan selain ruthab (kurma setengah matang) atau tamar (kurma kering/matang). “ ia berkata lagi, Sesungguhnya Allah telah berfirman, ‘ Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu’ ( QS Maryam [19]:25). “ (HR Abd. Ibn Hamid dalam Dur Al-Mantsur Jil. 5:505).

Dari salamah ibn Qais, ia berkata, Rasulullah SAW. Bersabda, “Berilah makan para wanita saat mereka sedang nifas (baru melahirkan) dengan tamar (kurma matang/kering). Sebab siapa yang saat nifas makanannya tamar, anaknya akan murah hati. Ia merupakan makanan Maryam saat melahirkan Isa. Kalaulah Allah tahu ada makanan yang lebih baik baginya dibandingkan tamar, ia pasti akan memberikannya pada Maryam.” (HR. Abu. Ya’la, Ibn Abi Hatim, Al-Uqaili, Ibn ‘ Adi Ibn Mardawaih, Ibn Asakir dalam Dur Al-Mantsur Jil. 5:504 – 505).

Bin Muhsin Powder Datse LollenSerbuk pucuk bunga kurma dipercaya manjur bisa mengatasi:* Kemandulan bagi suami istri* Menambah hormon laki-laki dan menambah jumlah serta mengentalkan sperma laki-laki* Menambah keharmonisan pasutri* Menambah stamina* Menambah kemampuan seksual* Mempermudah kehamilan secara ajaib Dapat dibeli secara online di www.binmuhsingroup.com Situs resmi www.binmuhsinpowderdatselollen.blogspot.com UNTUK KOLSUNTASI DAN PEMESANAN SILAHKAN HUBUNGI :HP: 085227044550 Tlp: 021-91913103 SMS ONLY: 081213143797@MyYM @MyFacebook @MyTwitter @MyYuwie @MyFriendsterbinmuhsin_group@yahoo.co.id

Kurma

Atikel ini ditulis ulang dari buku Berguru ke Cina berobat ke Arab karangan Abdul Karim Amrullah penerbit Java Pustaka Hlm.57-60.

Allah SWT memberikan keistimewaan pada buah kurma, dalam Firman-Nya; “Dan goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu,” (QS. Maryam [19] : 25). Allah juga berfirman, “ Dan tanam-tanaman dan pohon-pohon kurma yang mayangnya lembut. “ (QS Al-Syuara’ [26]:148).

Firman Allah yang lain; “Dialah, yang telah menurunkan air hujan dari langit untuk kamu, sebagiannya menjadi minuman dan sebagiannya (menyuburkan) tumbuh-tumbuhan, yang pada (tempat tumbuhnya) kamu menggembalakan ternakmu. Dia menumbuhkan bagi kamu dengan air hujan itu tanam-tanaman; zaitun, kurma, anggur dan segala macam buah-buahan. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar adalah tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memikirkan. “(QSAn-Nabl [16]:10-11). Allah juga berfirman, “Dan dari buah kurma dan anggur, kamu buat minuman yan memabukkan dan rezeki yang baik “ (QS.An-Nabl [16] : 67).

Buah kurma adalah induk dari segala buah dan merupakan buah paling agung. Kurma adalah makanan bergizi, minuman, dan manis-manisan. Sangat baik untuk berbuka puasa. Dalam konteks ini, Ibnu al-Qayyim mengatakan; bahwa Nabi berbuka puasa dengan kurma mentah atau kurma matang atau air sangat bermanfaat. Karena puasa dapat mengosongkan lambung dari makanan, sehingga ginjal tidak dapat menarik apa yang ada di dalamnya. Yang pada saat berisi selalu ditarik, khususnya kurma kering karena kurma kering itu membersihkan.

Pohon kurma merupakan tanaman tertua yang dikenal dalam sejarah manusia. Pohon kurma memiliki sejarah yang antic dan kuno, khususnya bagi negara-negara yang jarang mengalami hujan. Usianya mencapai hingga sekitar 4000 tahun SM, di mana terdapat ukiran dan pahatan pohon kurma yang sejarahnya higga berujung pada masa Sumeria.

Penelitian modern menegaskan pentingya kurma dan manfaatnya bagi kesehatan. Para ahli nutrisi menyatakan bahwa kurma adalah makanan bergizi, obat menyehatkan, dan menyembuhkan. Manfaat kurma yang lain adalah : tidak membawa bakteri dan kuman, bahkan serangga yang terdapat di dalam kurma tua ditelan oleh amba (binatang bersel satu yang sangat kecil), dan menghancurkan bakteri yang menimpa manusia. Biji-biji serbuk kurma menyembuhkan kemandulan wanita.

Serat kurma mencegah penyakit kulit bagi manusia. Air kurma yang dimasak dan diminum seperti halnya the membebaskan orang dair kesedihan hati. Percayakah bahwa kurma Madinah al-Munawarah yang varietasnya mencapai hingga 60 lebih varian, adalah jenis kurma terbaik di dunia. Kurma sangat kaya kalori, bahkan sebiji kurma saja cukup untuk menjaga daya tahan dan vitalitas tubuh untuk bekerja dalam sehari.

Diagnosa Khasiat dan Manfaat

Tentang kurma matang, Ibnu al-Qayyim menyatakan khasiatnya bahwa kurma matang dapat memperkuat perut yang dingin dan menyegarkan badan.

a. Buah kurma menguatkan ginjal dan menghaluskan pencernaan, dan mengkonsumsi pada waktu sarapan pada waktu sarapan dapat membunuh ulat.

b. Kurma matang dapat menenangkan urat saraf, menghilangkan ketegangan, kegelisahan, menekan luka pada lambung, berguna untuk hati, penyakit kuning, kulit kering, bibir pecah, kaya dengan kandungan fosfor yang membantu menguatkan tulang dan gigi, mengandung serat selelozy, membantu menguatkan dan memudahkan proses lambung dan usu, pelunak secara alami, mengandung vitamin A, membantu menguatkan urat sarag dan mempunyai pengaruh untuk penyakit kelanjar gondok, juga berguna bagi penderita batuk, dahak lender, radang saluran udara, membersihkan paru-paru dan membersihkan kulit.

c. Kurma memiliki bermacam manfaat yang penting secara medis, yaitu sebagai berikut, membantu persendian rahim dan menguatkan tubuh pada saat melahirkan, menjadi sumber energy karena mengandung gula yang berkadar tinggi.

d. Membantu menyembuhkan penyakit kabur penglihatan pada malam hari karena mengandung vitamin A, membantu menenangkan keguncangan dan kegelisahan, membantu menguatkan persendian karena mengandung vitamin B, mambantu merangsang nafsu makan, berguna bagi pengobatan anemia karena mengandung zat besi yang berkadar tinggi. Karenanya, kurma juga disebut sebagai ‘pohon kehidupan’. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa persentase jumlah pohon kurma di seluruh dunia mencapai 62 juta pohon dengan rata-rata usia pohon kurma bisa mencapai hingga 105 tahun.

e. Dengan memakan kurma, prajurit perang memiliki keberanian, terutama bagi mereka yang mengalami kelenjar di atas ginjal (suprarenal). Kurma mengobati kekurangan darah karena mengandung unsur besi dan protein-protein ringan, memudahkan perncernaan, dan mengandung vitamin A, B dan C, biotin dan ripoplatin dan sebagainya. Kurma membantu dan menguatkan kontraksi rahim saat melahirkan karena mengandung hormone vitocin, yang memiliki keistimewaan pengaturan rasa sakit kontraksi saat melahirkan, sebagai antibiotic untuk mencegah radang dan anti rematik dan berguna menjaga usus keras pada kanker dan mencegah sembelit.

f. Merangsang nafsu makan, obat bagi orang kurus karena mengandung unsur pemabukan, memudahkan pencernaan, dapat menahan lapar pada saat puasa, membatasi gelora saraf yang muncul akibat kelenjar gondok, dan menenangkan kobaran saraf.

g. Kurma biasa disebut dengan istilah “pembeku” karena mengandung unsur-unsur tembaga, seperti fosfor kalsium, magnesium, besi, sodium, sulfat (faram asam belerang), dan khlor (kalorine; cairan berminyak tanpa warna), mata dari airnya, menajamkan pandangan mata, terutama pada malam hari. Kurma juga meringankan tekanan darah pada saat hamil. Memakan juga memiliki efek yang baik untuk membinasakan sisa-sisa racun yang disebabkan oleh asimilasi (proses pencernaan makanan) di dalam tubuh. Ibu al-Qayyim berkata; “Bahwa kurma menguatkan hati, memperluaskan pencernaan, menambah kekuatan berjma’ (tamina), khususnya jika dicampur dengan biji pohon cemara bisa meredam kekasaran tenggorokan. Buah kurma sangat bergizi bagi tubuh, makanan bergizi tinggi, minuman sekaligus makanan ringan.”

h. Bin Muhsin Powder Datse LollenSerbuk pucuk bunga kurma dipercaya manjur bisa mengatasi:* Kemandulan bagi suami istri* Menambah hormon laki-laki dan menambah jumlah serta mengentalkan sperma laki-laki* Menambah keharmonisan pasutri* Menambah stamina* Menambah kemampuan seksual* Mempermudah kehamilan secara ajaib Dapat dibeli secara online di www.binmuhsingroup.com Situs resmi www.binmuhsinpowderdatselollen.blogspot.com UNTUK KOLSUNTASI DAN PEMESANAN SILAHKAN HUBUNGI :HP: 085227044550 Tlp: 021-91913103 SMS ONLY: 081213143797@MyYM @MyFacebook @MyTwitter @MyYuwie @MyFriendsterbinmuhsin_group@yahoo.co.id

KURMA MATANG-BASAH (RUTHAB), KURMA MENTAH (BALAH), KURMA KERING (TAMER)

Artikel ini ditulis ulang dari buku Pola Makan Rasulullah karangan Prof. Dr. Abdul Basith Muhammad as-Sayyid Hlm.161 – 166.

Allah SWT berfirman dalam al-Qur’an,

“goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya (pohon) itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu. Maka makan, minum, dan bersenang hatilah engkau.” (QS. Maryam [19]: 25-26)

Dalam hadits yang diriwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim dari Abdullah bin Ja’far ra, dia berkata, “Saya melihat Rasulullah memakan mentimun dengan ruthab.”

Dalam Sunan Abu Dawud, dari Anas ra, dia berkata,

Rasulullah berbuka dengan beberapa butir ruthab sebelum shalat. Jika beliau tidak menemukannya maka dengan beberapa butir tamer. Jika tidak mendapatkan tamer, maka dengan beberapa teguk air putih.”

Tamer merupakan makanan yang memasyarakat sekaligus ekonomis. Untungnya lagi tamer ini sangat mudah disimpan dan awet. Oleh karenanya dapat dimakan oleh semua kalangan sepanjang tahun.

UNSUR-UNSUR YANG TERKANDUNG DALAM TAMER

Kandungan gula dalam tamer mencapai 75%, 20% protein dan sekitar 3% adalah lemak atau minyak.

Tamer kaya akan garam mineral dan garam mineral alkali seperti kalsium, potassium, buah ini pun kaya akan unsur-unsur besi selain mengandung vitamin B dan C.

Kandungan Gizi dalam Tamer

Orang dapat hidup hanya dengan tamer dalam waktu yang cukup lama, karena buah ini kaya akan unsur gula. Unsur ini sangat mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Hanya saja, tamer ini sedikit sekali unsur lemak dan proteinnya. Oleh karenanya, orang yang hanya mengonsumsi tamer saja dalam keseharaiannya bisa kurus. Jika dimakan dengan satu gelas susu, maka keduanya menjadi sebuah makanan yang sempurna dilihat dari segala sisinya, karena susu banyak mengandung duan unsur penting bagi tubuh, yaitu protein dan lemak.

Orang-orang pedamalam Arab (badui) hidup hanya dengan tamer kering dan susu kambing bandot, kesehatan mereka terbukti lebih baik dan jarang terkena penyakit, apalagi penyakit-penyakit kronis, karena mereka terbiasa mengonsumsi dua jenis makanan itu.

Makanan untuk Para Wanita yang sedang Nifas

Ruthab adalah memakan yang kaya sekali dengan unsur-unsur kalsium dan besi. Oleh karena itu, Allah SWT menganugerahkannya untuk para wanita yang sedang nifas. Sebagaimana Allah SWT telah memerintahkan ibuda Maryam, al-‘Azra, untuk memakannya pada saat nifas, karena kedua unsur penting seperti besi dan kalsium ada dalam ruthab ini dengan kadar yang cukup. Ruthab ini pun penting untuk memproduksi susu dan bayi yang menyusu, mengingat ia dapat mengganti zat-zat yang hilang dalam tubuh ibu ketika melahirkan atau ketika menyusui.

Besi dan kalsium juga merupakan unsur penting bagi pertumbuhan anak yang sedang menyusui karena keduanya merupakan unsur yang paling menentukan dalam pembentukkan darah, sumsusm tulang belakang dan tulang.

Berbuka yang Baik

Rasulullah SAW berbuka dengan beberapa butir ruthab sebelum shalat. Dalam berbuka Rasulullah SAW dengan ruthab atau tamer terkandung pelajaran penting sekali bagi umatnya, karena lambung dan usus orang yang berpuasa dalam keadaan kosong, yang membuat hati tidak menemukan apa pun untuk disebarkan ke seluruh tubuh. Dan ketika makanan manis sebagai makanan yang paling cepat samapi ke hati – selanjutnya disebarkan ke seluruh tubuh, maka ruthab akan lebih diterima untuk dimanfaatkan dan digunakan untuk pembakaran, untuk kemudian mengirimkan energi yang dihasilkan ke seluruh anggota tubuh.

Dalam ilmu kedokteran telah dinyatakan; bahwa gula dan air adalah makanan yang paling dibutuhkan oleh tubuh yang berpuasa, karena kekurangan gula dalam tubuh dapat menyebabkan sesak didada, kekacauan pada saraf. Sementara kekuranga iar dapat membuat tubuh lemah dan tidak mampu menahan serangann penyakit. Adapun orang yang memenuhi perutnya langsung dengan makanan inti saat berbuka. Dia akan membutuhkan setidaknya tiga jam atau lebih agar lambungnya dapat menyerap gula yang ada dalam makanan itu. oleh karena itu, pada mereka ini terlihat gejala-gejala yang telah disebutkan diatas. Seperti halnya orang yang melakukan puasa wishal.

Manfaat Balah dan Ruthab menurut ilmu Kedokteran

Pertama : Dalam refernsi kedokteran kuno ditemukan bahwa memakan tamer secara langsung dapat membunuh cacing, dan kurma ajwa adalah kurma yang dapat membunuh cacing dalam tubuh, sebagaimana disebutkan dalam hadits Nabi SAW. ”Kurma Ajwa itu datang dari surge dan di dalamnya terdapat obat (penawar) racun.

Kedua : Orang-orang Mesir kuno telah terbiasa menggunakan balah untuk para penderita sakit kantung kemih, sakit perut, dan usus.

Ketiga : Balah sangat bermafaat untuk menguatkan otot perut dan dapt membantu saat susah buang air besar, karena di dalamnya banyak mengandung serat untuk membantu proses pencernaan.

Selain itu, balah juga dapat menguatkan rahim, khususnya saat melahirkan. Sebuah penelitian ilmiah menegaskan, bahwa balah dapat memberi pengaruh positif bagi gerakan rahim dan menambah elastisitasnya. Oleh karena itu, Allah SWT telah memerintahkan Maryam untuk memakan balah ketika hendak melahirkan Isa. Sehingga bayi bisa lahir dengan mudah.

Dalam sebuah ayat Allah SWT berfirman,

“Goyangkanlah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya (pohon) itu akan menggugurkan buah yang masak kepadamu, maka makan, minum, dan bersenang hatilah engkau. Jika engkau melihat seseorang, maka katakanlah, ‘Sesungguhnya aku telah nadzar berpuasa untuk Rabb Yang Maha Pengasih, maka aku tidak akan berbicara dengan siapa pun pada hari ini,’ “ (QS. Maryam [19]:25-26).

Keempat : Tamer dapat memberi efek relaksasi pada saraf, karena tamer ini memiliki pengaruh langsung terhadap kelenjar gondok (tiroid). Oleh karenanya, para dokter menganjurkan untuk memberi tamer kepada anak dan orang dewasa yang terganggu sarafnya pada hari agar jiwanya menjadi lebih tenang.

Kelima : Seduhan balah dapat memudahkan saluran kencing.

Keenam : Tamer kaya akan garam mineral alkali. Misalnya, garam kalsium dan potassium. Ia adalah makanan yang berfungsi menyeimbangkan asam lambung. Di samping itu, ia pun dapat mengganti abu alkalis setelah proses pecernaan dan penyerapan, karena ia dapat menyeimbangkan asam yang keluar setelah mengonsumsi sumber protein, seperti ikan dan telur.

Ketujuh : Tamer juga merupakan sumber utama vitamin A. oleh karena itu, buah ini dapat menjaga kelembaban mata dan kebinarannya, menguatkan mata dan penglihatan, serta dapat membuat saraf rileks.

Balah terbaik adalah yang banyak tersebar dan dikonsumsi oleh orang yang disebut dengan balah abrimi. Buah ini adalah makanan masyarakat yang cukup murah dan dapat dimakan oleh semua kalangan. Kelebihan balah adalah tidak mudah busuk. Dimungkinkan untuk disimpan dalam waktu cukup lama. Balah ini bisa dijadikan sebagai makanan pengganti ketika buah-buahan segar sulit didapatkan.

Cara Mengeringkan Balah

Pertama : Gunakan balah yang setengah kering seperti siwa, lalu letakkan di bawah terik matahari selama kurang lebih satu minggu atau sepuluh hari. Lakukanlah pembalikan setiap dua hari.

Kedua : Masukkan ke dalam karung selama kurang lebih satu hari sampai kadar kelembabannya merata – lalu pisahkan dan masukan ke dalam kantong atau ke dalam keranjang.

Berikut ini adalah table yang menjelaskan kandunan gizi dalam setiap 100 gr balah kering.

Unsur

Kadar

Unsur

Kadar

Air

20 gr

Protein

2,2 gr

Minyak

0,6 gr

Karbihidrat

75 gr

Serat

2,4 mg

Vitamin A

60 SI

Vitamin B1

0,8 mg

Vitamin B 2

0,05 mg

Asam Nikotinat

2,2 mg

Kalsium

65 mg

Fosfor

72 mg

Besi

2,1 mg

Dengan demikian, dalam 100 gr balah kering mengadung 284 kalori.

a. Bin Muhsin Powder Datse LollenSerbuk pucuk bunga kurma dipercaya manjur bisa mengatasi:* Kemandulan bagi suami istri* Menambah hormon laki-laki dan menambah jumlah serta mengentalkan sperma laki-laki* Menambah keharmonisan pasutri* Menambah stamina* Menambah kemampuan seksual* Mempermudah kehamilan secara ajaib Dapat dibeli secara online di www.binmuhsingroup.com Situs resmi www.binmuhsinpowderdatselollen.blogspot.com UNTUK KOLSUNTASI DAN PEMESANAN SILAHKAN HUBUNGI :HP: 085227044550 Tlp: 021-91913103 SMS ONLY: 081213143797@MyYM @MyFacebook @MyTwitter @MyYuwie @MyFriendsterbinmuhsin_group@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar