XAMTHONE PLUS BANDUNG DAN JAWA BARAT


BANDUNG : AKHMAD YANI HP: 087822067787; Jl. Situ Lengkong No:15 Kel:Cijagra Rt:03 Rw:03 Kec:Lengkong Buah Batu, Bandung
BANDUNG : ASEP SAEFUDIN HP: 081572023453 TLP: 022-4211874; JL. JAWA NO:40 BANDUNG
INDRAMAYU : CONNI RAHARJA HP: 081802333678 TLP: (0234)271202 . Jl. Jendral A Yani No:105/D Indramayu
KOTA BANJAR PATROMAN : Asifudin Muhsin HP: 08567664321 Jl. Astana Rt/Rw: 04/03 Sukahurip Langensari Banjar JABAR

Senin, 14 Maret 2011

Bagaimana Dokter Menyelidiki Penyebab Infertilitas

Bin Muhsin Powder Datse LollenSerbuk pucuk bunga kurma dipercaya manjur bisa mengatasi:* Kemandulan bagi suami istri* Menambah hormon laki-laki dan menambah jumlah serta mengentalkan sperma laki-laki* Menambah keharmonisan pasutri* Menambah stamina* Menambah kemampuan seksual* Mempermudah kehamilan secara ajaib Dapat dibeli secara online di www.binmuhsingroup.com Situs resmi www.binmuhsinpowderdatselollen.blogspot.com UNTUK KOLSUNTASI DAN PEMESANAN SILAHKAN HUBUNGI :HP: 085227044550 Tlp: 021-91913103 SMS ONLY: 081213143797@MyYM @MyFacebook @MyTwitter @MyYuwie @MyFriendsterbinmuhsin_group@yahoo.co.id
===
Pasangan yang menginginkan anak seringkali menunda bertahun-tahun sebelum merasa perlu untuk mendapatkan bantuan medis. Biasanya, pihak istrilah yang pertama kali berinisiatif memeriksakan diri ke dokter kandungan atau ginekolognya.

Pemeriksaan fertilitas harus melibatkan pihak suami dan istri, karena pada sekitar 10 persen kasus masalahnya terletak pada kedua pasangan. Bahkan jika dokter menemukan pihak yang menyebabkan infertilitas, pengobatan hanya berguna jika kondisi pihak lainnya juga diketahui. Untuk mengetahui kondisi kesuburannya, pihak suami harus diperiksa oleh ahli urologi atau andrologi (dokter yang berspesialisasi dalam fungsi reproduksi laki-laki).

Banyak rumah sakit di kota besar yang memiliki pusat fertilitas yang menyediakan konsultasi, pemeriksaan dan pengobatan kepada pasangan yang ingin memiliki anak.

Penyelidikan infertilitas

Menyelidiki penyebab infertilitas pasangan adalah pekerjaan detektif. Para dokter harus mendiagnosis selangkah demi selangkah untuk menilai apakah produksi dan kualitas sperma memadai, apakah terjadi ovulasi, apakah terjadi fertilisasi dan implantasi sel telur yang telah dibuahi, dll. Oleh karena itu, biasanya tidak cukup hanya dengan sekali kunjungan ke dokter.

1. Penelitian kesuburan wanita

Ginekolog mungkin akan menanyakan pertanyaan-pertanyaan berikut:

  • Berapa usia Anda ketika mendapatkan menstruasi pertama?
  • Bagaimana siklus menstruasi Anda sejak saat itu, apakah ada masalah?
  • Apakah ada kehamilan sebelumnya dan kelahiran, keguguran, aborsi atau penyakit?

Dengan mata, tangan dan perangkat USG, ginekolog dapat menyelidiki kelainan pada vagina, rahim, ovarium atau tuba falopi. Dia juga mungkin memeriksa proses ovulasi dan memantau siklus menstruasi dari dekat. Bila ada tanda malformasi, peradangan atau kondisi patologis lainnya (lihat: 15 Penyebab Infertilitas Wanita), pemeriksaan teknis tambahan dengan rontgen, laparoskopi, histereskopi, dan lainnya akan mengkonfirmasi.

2. Penelitian kesuburan pria

Urolog/androlog mungkin tertarik untuk menanyakan hal-hal berikut:

  • Kapan Anda mulai pubertas? (mengalami mimpi basah)
  • Apakah Anda pernah dirawat sebelumnya karena testis tidak turun atau masalah testis lainnya?
  • Apakah Anda pernah terkena penyakit gondok (pembesaran tiroid) pada waktu kecil?

Untuk mengetahui tingkat kesuburan pria, dokter akan memeriksa tubuh dan organ seksualnya. Kondisi tubuh dan rambut dapat mengindikasikan status hormonalnya. Adanya titik-titik sensitif tekanan pada testis dan epididimis mungkin menunjukkan peradangan. Dokter mungkin meminta pemeriksaan USG untuk mendeteksi kelainan testis, misalnya apakah ada varikosel (lihat: 15 Penyebab Infertilitas Pria).

Penelitian kesuburan pria yang paling penting adalah analisis air mani (semen). Di bawah mikroskop, semen akan diperiksa jumlah, kualitas dan pergerakannya. Bila seorang pria menghasilkan sperma terlalu sedikit, mungkin terdapat masalah testis yang bersifat hormonal. Oleh karena itu, mungkin perlu untuk mengukur kadar hormon dalam darahnya.

3. Penelitian post-coital

Bila kedua pasangan dinilai subur, dokter mungkin perlu memeriksa kesehatan hubungan intim. Pada beberapa kasus, lendir (mucus) di leher rahim wanita “memusuhi” sperma sehingga mereka terbunuh atau terkendala untuk membuahi sel telur. Kondisi ini dapat disebabkan oleh infeksi, terlalu banyak antibodi anti-sperma, atau keasaman yang tinggi di serviks.

Jika dokter mencurigai permusuhan lendir serviks sebagai penyebab infertilitas , dia akan meminta pasangan untuk melakukan hubungan intim di sekitar saat ovulasi. Untuk itu, di pusat fertilitas biasanya disediakan kamar romantis bagi Anda berdua. Setelah Anda “melakukannya”, sampel cairan serviks berisi sperma akan diambil dari leher rahim untuk diperiksa di bawah mikroskop.

Pada saat proses konsultasi dan terapi, Anda sangat dianjurkan untuk bertanya kepada dokter jika ada hal-hal yang tidak dipahami. Jangan merasa malu untuk bertanya. Semakin banyak pengetahuan Anda, semakin baik upaya dan peluang Anda untuk mendapatkan anak.

image: source

sumber http://majalahkesehatan.com/bagaimana-dokter-menyelidiki-penyebab-infertilitas/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar