XAMTHONE PLUS BANDUNG DAN JAWA BARAT


BANDUNG : AKHMAD YANI HP: 087822067787; Jl. Situ Lengkong No:15 Kel:Cijagra Rt:03 Rw:03 Kec:Lengkong Buah Batu, Bandung
BANDUNG : ASEP SAEFUDIN HP: 081572023453 TLP: 022-4211874; JL. JAWA NO:40 BANDUNG
INDRAMAYU : CONNI RAHARJA HP: 081802333678 TLP: (0234)271202 . Jl. Jendral A Yani No:105/D Indramayu
KOTA BANJAR PATROMAN : Asifudin Muhsin HP: 08567664321 Jl. Astana Rt/Rw: 04/03 Sukahurip Langensari Banjar JABAR

Kamis, 17 Maret 2011

Diabetes Bisa Sembuh?

SEMBUHKAN DIABETES DENGAN CUKA APEL ALAMI AMAN CEPAT DAN TANPA EFEK SAMPING

Bila mengacu pada kedokteran barat, diabetes melitus tidak dapat disembuhkan. Sebaliknya, kedokteran timur menilai kesembuhan sebagai hilangnya gejala, dan itu dapat diwujudkan. Apa lagi perbedaan pandangan barat dan timur tentang diabetes?

Studi populasi yang dilakukan Organisasi Kesehatan Dunia atau World Health Organization (WHO) tahun 2005 menemukan, jumlah pengidap diabetes melitus (DM) tipe II di Indonesia mencapai peringkat keempat setelah India (31,77 juta), Cina (20,8 juta), dan Amerika Serikat (17,7 juta). Di Indonesia, diabetesi terhitung sekitar 8,6 juta orang.

Tentu ini masalah serius. Selain obat, yang terpenting bagi pasien, yakni merancang kembali pola hidup, terutama pola makan dan olahraga. Ada yang bisa mempertahankan kualitas hidup hanya lewat diet. Tak sedikit pula yang bergantung pada obat maupun insulin sepanjang hidup.

Di sisi lain, teknik pengobatan tradisional atau kuno juga makin merebak, termasuk untuk mengatasi diabetes. Teknik penyembuhan yang sudah digunakan selama ribuan tahun ini lebih memanfaatkan khasiat tanaman untuk obat (herbal) serta penyeimbangan energi pada organ.

Lima Pilar Terapi

Sebenarnya apa yang membedakan kedokteran modern (barat) dan timur (tradisional) dalam menyikapi penyakit kencing manis? Menurut pandangan kedokteran modern, diabetes adalah sekumpulan gejala yang ditandai meningkatnya kadar gula darah hingga melebihi batas normal.

Menurut Prof. Askandar Tjokroprawiro, Sp.PD, keadaan ini terjadi akibat tubuh kurang insulin, baik secara absolut maupun relatif. Absolut artinya insulin tidak diproduksi sama sekali oleh sel beta di pankreas. Relatif artinya insulin masih diproduksi meski hanya sedikit.

Penyakit yang bersifat menahun, kronis, dan menyerang pria maupun wanita ini ditandai oleh munculnya rasa haus, sering kencing, banyak makan tetapi berat badan menurun, gatal-gatal, kesemutan, kulit kering, dan badan lemah.

Ada dua kelompok DM, tipe 1 dan 2. DM tipe 1 umumnya timbul pada anak-anak dan pasien tergantung suntikan insulin dari luar karena pankreas sama sekali tidak membuat insulin. DM tipe 2 tak tergantung insulin. Kebanyakan timbul pada kalangan usia 40-an tahun ke atas.

Menurut kedokteran modern, DM pada dasarnya tak bisa disembuhkan. Sejak awal pasien harus diingatkan untuk mencegah kemungkinan timbulnya komplikasi kronis, berupa gangguan ginjal, jantung, mata, stroke, sampai disfungsi ereksi, melalui gaya hidup sehat dan wajar.

Pilar utama pengelolaan DM dalam kedokteran modern antara lain perencanaan makan, latihan jasmani, asupan obat hipoglikemik, penyuluhan, dan pemantauan mandiri kadar glukosa darah atau urin.

Kelima pilar ini memiliki tujuan utama, mengontrol dan menormalkan kadar gula darah. Kelima pilar mesti dijalankan seumur hidup untuk mengulur waktu agar komplikasi tidak berlangsung serentak dan cepat.

Melenyapkan Gejala

Pandangan kedokteran timur mengenai diabetes, dalam hal ini diwakili oleh pengobatan tradisional Cina (Traditional Chinese Medicine-TCM), sebagai xiao ke. Xiao artinya menghabiskan (cairan), ke berarti haus.

Ada empat gejala xiaoke, yang dikenal dengan tiga tambah satu kurang. Gejala ini persis gejala DM, yakni nafsu makan meningkat, penderita selalu ingin minum (rasa haus meningkat), dan banyak kencing (pengeluaran cairan bertambah). Yang terakhir, berat badan bekurang.

Dr. Wiliam Adi Teja, MD, MMed., spesialis penyakit dalam lulusan Universitas Beijing, Cina, menyatakan sindroma xiaoke dibagi menjadi tiga, xiao atas, tengah, dan bawah.

Termasuk xiao atas kalau gejala yang dominan adalah banyak minum. Dikategorikan xiao tengah bila gejala yang dominan banyak makan, xiao bawah jika gejala yang dominan adalah banyak kencing. Apabila semua gejala dominan, semua kategori masuk.

Sindroma xiaoke atas terjadi karena gangguan pada paru, xiaoke tengah disebabkan adanya gangguan limpa dan lambung, dan xiaoke bawah akibat gangguan ginjal. Menurut Dr. Wiliam, faktor penyebab xiaoke adalah kurangnya yin pada ginjal, paru, limpa, dan lambung, sehingga organ tersebut seperti terbakar dan akibatnya menghabiskan cairan (xiaoke).

Dalam kedokteran barat, fokus terapi DM pada pengontrolan gula darah atau penambahan insulin. Pada TCM, fokusnya menghilangkan gejala dengan sasaran utama organ penyebabnya.

Gejala haus berlebihan, banyak minum, sering kencing, badan lemah, ujung lidah merah, lidah berselaput tipis warna kuning, nadi cepat dan kuat misalnya merupakan manifestasi buruknya fungsi paru. “Jadi, bagian inilah yang diperbaiki,” ujar Dr.Wiliam.

Gejala cepat lapar, nafsu makan meningkat, badan kurus, sembelit, lidah kering, haus, sering minum dan kencing juga merupakan manifestasi adanya panas dan api pada lambung yang menyebabkan pencernaan lebih cepat bekerja dari biasanya. Karena itu, lambung juga jadi sasaran pengobatan.

“Kita bahkan tidak peduli apakah gula darahnya naik atau turun. Kita juga tidak perhatikan soal menambah insulin atau tidak. Yang penting fokus pada perbaikan organ,” tuturnya.

Tak Perlu Pantang

Dalam kedokteran modern pasien cenderung diberi obat seumur hidup dan suntikan insulin (penderita DM tipe I). Pada TCM, langkah yang sering diambil adalah memberikan ramuan herbal untuk tonifikasi dan tusukan jarum (akupuntur) untuk mengembalikan fungsi organ. “Sampai gejala itu menghilang, yang artinya organ berfungsi secara seimbang kembali,” ujar Dr.Wiliam.

Tindakan penusukan jarum pada kedokteran modern merupakan langkah kontradiktif karena pasien sebenarnya tak boleh terluka. Namun, menurut Dr. Wiliam, jarum akupuntur yang dipakai tidak akan melukai pasien. “Jarumnya lembut dan tipis sekali,” katanya.

Separah apa pun diabetesnya, kedua terapi itulah yang dijalankan. “Perbedaannya terletak pada titik-titik jarum yang diterapkan dan ramuannya. Tidak setiap kasus diberi ramuan sama dan tusukan jarum yang sama. Setiap kasus memiliki ukuran, jenis ramuan juga titik-titik tusukan tersendiri. Jadi, memang tidak mudah dan rumit,” paparnya.

Selain ramuan dan akupuntur, mirip kedokteran modern, pasien juga diminta memperhatikan hal lain seperti makan dan aktivitas fisik. Bedanya, pasien tidak dianjurkan berpantang apa pun, termasuk gula.

“Makan seperti biasa, tetap beraktivitas, menjaga perilaku dan emosi. Asal tidak berlebihan, nggak masalah,” ujar dokter yang berpraktik di Utomo Chinese Medical Center, di Jl. Pinangsia Raya, Jakarta Barat ini.

Soal kesembuhan, menurut Dr. Wiliam, agak berbeda dengan pandangan kedokteran modern yang menyatakan DM tidak bisa disembuhkan. Dalam TCM, konsep sembuh didasarkan pada hilangnya gejala.

Jadi, bila beragam gejala xiaoke hilang, artinya persoalan pada organ yang terkait sudah tidak perlu dikhawatirkan. Bila gejala itu muncul lagi, berarti sakitnya kambuh. “Itu hal wajar. Semua penyakit bisa muncul lagi atau kambuh, seperti kalau lengan kita patah. Bukan tidak mungkin lengan ini akan patah lagi, ‘kan?” katanya. @ Abdi Susanto

Sumber: Senior



Sebaik-baiknya tuak adalah cuka ( HR: Muslim - Ahmad ) Ya Allah berkahilah cuka karena ia adalah tuak para Nabi sebelumku ( HR: Ibnu Majah )Cuka apel bisa dibeli secara online di toko diskon www.binmuhsingroup.com Cuka Apel - Apple Cider Vinegar Natural Al-RomhainMade From the Whole AppleIsi : 500 mlNon Pasteurized, Non Diluted, Non DistilledMan & Bottled in Syria By : Al-Romhain C.R.42875Ingredients : Ca 250 mg, K 1599 mg, P 73 mg, Na 24.15 mg, Mn 45 mg, Fe 9.67 mg, Enzymes, Pectin, Amino AcidsDibuat sesuai syariat agama islam dan bebas bahan kimia apapunUNTUK KOLSUNTASI DAN PEMESANAN SILAHKAN HUBUNGI :HP: 085227044550 Tlp: 021-91913103 SMS ONLY: 081213143797@MyYM @MyFacebook @MyTwitter @MyYuwie @MyFriendsterbinmuhsin_group@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar