XAMTHONE PLUS BANDUNG DAN JAWA BARAT


BANDUNG : AKHMAD YANI HP: 087822067787; Jl. Situ Lengkong No:15 Kel:Cijagra Rt:03 Rw:03 Kec:Lengkong Buah Batu, Bandung
BANDUNG : ASEP SAEFUDIN HP: 081572023453 TLP: 022-4211874; JL. JAWA NO:40 BANDUNG
INDRAMAYU : CONNI RAHARJA HP: 081802333678 TLP: (0234)271202 . Jl. Jendral A Yani No:105/D Indramayu
KOTA BANJAR PATROMAN : Asifudin Muhsin HP: 08567664321 Jl. Astana Rt/Rw: 04/03 Sukahurip Langensari Banjar JABAR

Senin, 11 April 2011

Riset Buktikan, Berbukalah dengan Kurma

APA YANG ORANG MUSLIM SANTAP BEGITU BEDUK MAGHRIB BERKUMANDANG SETELAH SEHARIAN BERPUASA?

Kebanyakan orang langsung melahap makanan dalam porsi besar. Kolak sebagai pembuka, langsung dilanjutkan dengan makan nasi dan lauk-pauknya. Belum lagi gorengan atau camilan lain yang sengaja disiapkan sejak sore atau bahkan siang hari. Akibatnya, perut langsung penuh hingga kadang badan tak sanggup berdiri.

Dalam hadits riwayat Abu Daud, dan At Tirmizi Nabi Muhammad saw bersabda, ‘Apabila berbuka salah satu kamu, maka hendaklah berbuka dengan kurma. Andaikan kamu tidak memperolehnya, maka berbukalah dengan air, maka sesungguhnya air itu suci’. Makan besar dianjurkan setelah menunaikan shalat isya atau tarawih. Atau sekitar 2-3 jam kemudian. Dengan cara ini, perut terisi makanan secara bertahap dan tidak menyebabkan rasa kenyang berlebihan.

Gula darah

Anjuran Nabi untuk cukup menyantap kurma saat berbuka puasa itu ternyata memiliki dasar ilmiah. Kurma diketahui mengandung karbohidrat, lipid, vitamin, dan mineral. Penelitian Endang Sri Sunarsih, dosen dan peneliti dari Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro, Semarang bahkan membuktikan secara ilmiah khasiat kurma untuk meningkatkan kadar gula darah orang berpuasa.

Endang meneliti kadar gula darah 12 orang relawan di Rumahsakit Umum Salatiga. Semua relawan dalam kondisi sehat, berpuasa, usia 20-45 tahun, dan bobot badan 50-60 kg. Para relawan dibagi dalam 2 kelompok masing-masing 6 orang. Kelompok pertama berbuka puasa dengan 2 butir kurma dan seteguk air. Kelompok lain berbuka dengan kolak, sepiring nasi, dan lauk-pauk.

Pengukuran gula darah dilakukan 2 kali yaitu pada pukul 3 sore (kadar gula darah saat puasa) dan pukul 8 malam (2 jam setelah berbuka puasa). Pukul 3 sore dijadikan patokan kadar gula darah puasa lantaran, ‘Waktu puasa, kondisi lambung paling kosong diperkirakan pukul 15.00,’ ujar Endang.

Pada waktu itu kadar gula darah paling rendah. Musababnya selama puasa tidak ada asupan makanan sehingga tubuh mesti membongkar cadangan gula atau cadangan lemak untuk beraktivitas. Penelitian itu dilakukan selama 7 hari berturut-turut. Selanjutnya, kadar gula darah tiap relawan baik sebelum maupun sesudah berbuka puasa dirata-ratakan. Hasilnya dibandingkan dengan kadar gula darah relawan di kelompok lain.

‘Ternyata, kenaikan kadar gula darah kelompok yang berbuka puasa dengan kurma hampir setara dengan yang berbuka dengan nasi dan lauk pauk. Rata-rata kenaikan gula darah relawan yang berbuka puasa dengan kurma 42,74% sementara yang berbuka dengan nasi, lauk-pauk dan kolak 48,49%.

Energi

Harap mafhum, energi yang terkandung dalam buah kurma memang tinggi. ‘Mencapai 300 kalori per 100 gram,’ kata Endang. Selain itu, 55% karbohidrat yang terkandung dalam buah kurma berupa glukosa. Glukosa termasuk karbohidrat yang mudah diubah menjadi energi sehingga cepat menggantikan energi yang hilang selama berpuasa. Selain itu kurma mengandung serat cukup tinggi mencapai 2,2 gram/100 gram buah. Vitamin dan mineral yang terkandung di dalamnya antara lain: vitamin A, B, niasin, riboflavin, besi, fosfor, kalium, kalsium, natrium, dan magnesium.

Magnesium, kalsium dan kaliumnya membantu mengembalikan permeabilitas membran sel. Sementara fosfor berperan dalam pembentukan energi tinggi adenosin triphosphat (ATP). ATP merupakan sumber energi tinggi bagi tubuh yang dihasilkan dari proses glikolisis (pemecahan gula) dan siklus Krebs. Sumber energi tersedia sehingga glukosa cepat didistribusikan dan bisa dimanfaatkan tubuh. Kondisi tubuh pun lebih cepat pulih.

Menurut Dr Mien Karmini, peneliti utama bidang gizi dan makanan Pusat Penelitian dan Pengembangan Gizi Bogor, karena kandungan gula alami dalam kurma mudah diserap dan dicerna tubuh, kurma baik dikonsumsi untuk orang berbuka puasa. Kurma mengembalikan energi yang hilang dengan cepat setelah seharian tidak mengkonsumsi apa pun. ‘Kurma baik dikonsumsi dalam kondisi kering maupun segar,’ ujar Mien.

Antioksidan

Penelitian di luar negeri membuktikan buah asli Irak itu memiliki keunggulan lain. Periset dari Department of Pharmacology, AISSMS College of Pharmacy, menyebutkan Phoenix dactylifera itu memiliki aktivitas antioksidan signifikan. Itu lantaran di dalam buahnya terkandung senyawa antosianin yang merupakan antioksidan alami. Namun, antosianin itu hanya terkandung dalam buah kurma segar.

Konsumsi buah kurma setiap hari juga disebutkan mampu melindungi fungsi hati. Itu sejalan dengan riset di Faculté de Médecine, Monastir, Tunisia. Disebutkan ekstrak dates-sebutan kurma dalam bahasa Inggris-mampu memperbaiki kerusakan hati akibat dimethoate-semacam insektisida.

Sementara penelitian Itimad Abuowf dari University of Khartoum, Sudan, membuktikan bubuk serbuksari kurma asal negara terbesar di benua Afrika itu, pada dosis 250 dan 500 mg/kg bobot badan mampu menurunkan enzim alanin amino transferase, aspartat amino transferase, dan alkalin fosfatase pada tikus percobaan. Ketiga enzim itu dijumpai dalam jumlah tinggi pada tikus yang mengalami kerusakan hati akibat karbon tetraklorida (CCl4).

Penelitian lain oleh Dr Soghra Bahmanpour dan tim dari Shiraz University of Medical Sciences, Iran, membuktikan meminum suspensi buah kurma dosis 120 dan 240 mg/kg bobot tubuh mampu meningkatkan jumlah, motilitas dan bentuk sperma, serta kualitas DNA. Masyarakat Mesir bahkan menggunakan serbuksari kurma untuk meningkatkan kesuburan pada wanita. Sementara air rendaman buah kurma bermanfaat sebagai penawar keracunan alkohol. Jadi? Berbukalah dengan kurma. (Tri Susanti/Peliput: Novia Wulandari)


Bin Muhsin Powder Datse LollenSerbuk pucuk bunga kurma dipercaya manjur bisa mengatasi:* Kemandulan bagi suami istri* Menambah hormon laki-laki dan menambah jumlah serta mengentalkan sperma laki-laki* Menambah keharmonisan pasutri* Menambah stamina* Menambah kemampuan seksual* Mempermudah kehamilan secara ajaib Dapat dibeli secara online di www.binmuhsingroup.com Situs resmi www.binmuhsinpowderdatselollen.blogspot.com UNTUK KOLSUNTASI DAN PEMESANAN SILAHKAN HUBUNGI :HP: 085227044550 Tlp: 021-91913103 SMS ONLY: 081213143797@MyYM @MyFacebook @MyTwitter @MyYuwie @MyFriendsterbinmuhsin_group@yahoo.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar